Belajar Bahasa Pemrograman Android

advertisement

Belajar Bahasa Pemrograman Android - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai bahasa pemprograman Android. Pemprograman android sendiri merupakan salah satu cakupan materi yang paling di cari pada dewasa ini. Tidak sedikit saat anda membrowsing akan banyak tutorial pemrograman android yang banyak tersebar dimana – mana. Namun sayangnya, sebagian sumber yang anda dapatkan dalam mengolah bahasa pemrograman android itu tidak memberitahu anda langkah apa saja dan harus apa saja yang lebih dipelajari terlebih dahulu sebelum masuk pada pemrograman android.

Nah untuk itu, pada tulisan di bawah ini saya akan menjelaskan apa saja yang harus anda pelajari sebelum anda terjun langsung untuk belajar bahasa pemrograman android.

Belajar Bahasa Pemrograman Android
1. Eclipse
Eclipse merupakan IDE yang di pakai pada pemrograman untuk android. Untuk mempelajari eclipse sepertinya tidak terlalu susah, dengan sifatnya yang open source anda mungkin cukup membiasakan diri dengan interface dan layout yang di milikinya saja. Tutorialnya pun susah banyak tersebar jika anda hendak mempelajarinya.

2. XML
Bahasa mark up yang satu ini memang sering di gunakan untuk berbagai keperluan. Kegunaan XML sendiri banyak terpakai di WEbservice, Konfigurasi, Layout dan lainnya di dunia bahasa program. Untuk mempelajarinya yang perlu anda pahami adalah pada aturan dasarnya dan bagaimana cara menulis serta membaca XML ini.

3. Java
Bahasa ini merupakan bahasa induk pada pemrograman android. Jika anda tidak terbiasa dengan Java namun tiba – tiba mengkoding android, jelas anda pasti akan kesulitan. Statement seperti class, package, access modifier, dan statement lain harus anda pelajari sebelumnya mungkin anda dapat mengcopy code program yang sudah jadi, namun nantinya anda akan kesulitan jika harus membuat program mulai dari nol.

4. SQLite
Merupakan tempat menyimpan data konfigurasi , data User dan data aplikasi dalam android. Maka sangat disarankan anda belajar SQLite terlebih dahulu sebelum membuat sebuah aplikasi android.

5. JSON
Apa itu JSON? JSON sendiri merupakan format data yang dipakai saat mengirim data dari webservice ke android. Bisa disebut Json merupakan jembatan anda saat membuat program dengan system client – server. Contohnya adalah saat anda membuat aplikasi mobile yang mengharuskan anda terintegrasi dengan PHP/MySQL.

6. Google Service
Anda pasti sudah tak asing lagi dengan Gmail, youtube, Google Maps, Photo, Google+, Google Drive dan yang paling sering anda gunakan Play store.  Sangat di sarankan anda kenali betul – betul produk – produk google ini sebelum masuk untuk belajar android. Jika anda telah mengenali produk – produk google tersebut anda bisa mempelajari google developer yang akan membantu anda untuk mengintegrasikan aplikasi android yang anda buat nantinya dengan layanan google.

Demikianlah beberapa informasi dari saya untuk anda yang ingin belajar bahasa pemrograman android dari awalnya. Semoga apa yang saya berikan kali ini dapat berguna untuk anda semua.
advertisement
0 Komentar untuk "Belajar Bahasa Pemrograman Android"

Back To Top