Tips Saat Play Store Error

advertisement

Tips Saat Play Store Error - Play Store merupakan salah satu jembatan utama bagi anda para user Android untuk dapat mengunduh dan menggunakan ribuan aplikasi yang dapat anda nikmati saat menggunakan Smartphone kesayangan anda. Namun apa jadinya saat jembatan utama tersebut tiba – tiba tidak dapat digunakan oleh anda? Play Store yang error mungkin pernah anda temui saat anda mengupdate suatu aplikasi ataupun saat mengunduh aplikasi, menjengkelkan bukan? Sebenarnya hal itu dapat kita atasi sendiri dan tidak cukup sulit untuk anda melakukannya sendiri.

Tips Saat Play Store Error
Nah, untuk itu kali ini saya akan berbagi tips untuk anda bagaimana mengatasi Play Store yang tiba – tiba error. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda simak apa yang akan saya sajikan di bawah ini jika anda menemukan masalah pada Play Store anda.
  1. Cek dan Pastikan kembali koneksi jaringan Internet pada smartpone anda berjalan dengan benar.
  2. Cek storage internal smartphone anda, setidaknya storage anda masih memiliki space minimal 20MB untuk instalasi. Uninstall aplikasi yang tidak di perlukan atau pindahkan ke SD Card anda.
  3. Cek kembali aplikasi play store anda, atau coba instalasi ulang play store.
  4. Cek kembali apakah smartphone anda compatible dalam perangkat yang didukung, dan berarti itu dapat anda gunakan dengan Play Store pada Smartphone anda.
  5. Cek kembali aplikasi berbayar, agar konfirmasi up to date dari aplikasi tersebut masuk ke akun google anda beserta informasi kartu kredit anda.
  6. Cek dan bersihkan cache serta data dari aplikasi Play Store dan download manajer.
  7. Pastikan anda sudah sign in ke google akun anda.
  8. Cancel file yang di download lalu restart smartphone anda, kemudian silahkan download ulang kembali.
  9. Konfirmasi layanan internet dan konektifitas Wifi yang berjalan pada smartphone anda agar terkoneksi dengan benar pada penyedia layanan seluler jika tak terhubung.
  10. Cek sisa storage internal sebelum mendownload pada play store, supaya saat mendownload berjalan dengan lancar.
  11. Pastikan firewall tidak memblokir akses port yang di gunakan oleh Play Store ( TCP & UDP 5228).
  12. Cek kembali kapabilitas aplikasi yang hendak anda unduh, jika tidak compatible jangan di unduh.
  13. Apabila error berlanjut, coba anda cek dan pelajari pada pesan error apa saja, sehingga penyebab error dapat terdeteksi.
  14. Jika semua langkah gagal maka yang harus anda lakukan adalah memastikan ROM anda berjalan dengan sempurna dan tidak ada kerusakan. Jika telah terjadi maka anda harus mencoba untuk flash ulang ROM pada smartphone anda ata segera hubungi service center smartphone anda.
Demikianlah beberapa tips untuk mengatasi Play Store error yang dapat saya sajikan kali ini untuk anda. Semoga apa yang telah saya sajikan kali ini dapat berguna bagi anda semua, selamat mencoba.
advertisement
0 Komentar untuk "Tips Saat Play Store Error"

Back To Top