Tips dan trik Mengubah Smartphone Menjadi CCTV

advertisement

Tips dan trik Mengubah Smartphone Menjadi CCTV - Kamera CCTV, pasti anda tidak akan asing dengan alat ini bukan? Kamera yang selalu dipasang pada sebuah ruangan untuk melihat apa saja yang terjadi pada ruang tersebut. Kamera ini sendiri biasa terdapat pada ruang – ruangan yang dianggap penting. Dapatkah anda bayangan smartphone android anda memiliki fitur seperti kamera CCTV? Bukan tidak mungkin smartphone anda akan memiliki fitur sama dengan kamera CCTV.

Nah, untuk itu kali ini saya akan membagikan tips dan trik untuk anda bagaimana caranya mengubah smartphone android anda menjadi sebuah kamera CCTV dengan aplikasi IPCam garapan dari Happy Droids yang dapat anda download gratis pada play store. Berikut adalah trik membuat smartphone android menjadi CCTV dengan software IPCam

    Tips dan trik Mengubah Smartphone Menjadi CCTV
  1. Download dan install IPCam pada smartphone anda.
  2. Nyalakan fitur Tethering Wifi pada smartphone anda (pernah saya jelaskan pada artikel sebelumnya).
  3. Running aplikasi IPCam.
  4. Silahkan anda tekan tombol huruf (i) yang terdapat pada bagian bawah kiri pada aplikasi IPCam agar anda sedikit memahami bagaimana cara aplikasi ini bekerja.
  5. Kosongkan pilihan disebelah gambar kunci. Pilihan tersebut memberikan autentikasi jika anda ingin mengakses kamera, jadi kosongkan saja agar lebih mudah.
  6. Pilih setting Quality sesuai dengan selera anda, semakin besar kualitasnya maka output yang di tampilkan akan semakin berat dan lambat.
  7. Pilih size, pilihlah ukuran sesuai keinginan anda. Size tergantung pada kemampuan smartphone anda, jangan memaksakan jika smartphone anda tidak mampu.
  8. Pilih Gambar IP di bagian bawah lalu masukan port yang akan digunakan. Jika anda belum paham mengenai port, anda bisa menggunakan port default 8000 kemudian di save.
  9. Nyalakan kamera dengan menyentuh pada bagian bawah kanan gambar tombol on/off.
  10. Selanjutnya anda akan dapat melihat IP address dari kamera dn portnya.
  11. Silahkan kembali ke notebook / PC anda, koneksikan WiFi dengan smartphone android anda yang sudah di integrasikan dengan tethering Wifi.
  12. Buka web browser lalu masukan IP Adress sesuai yang tertera pada langkah sebelumnya. Contoh: IP adres 192.168.43.1 dengan port 8000 maka pada browser anda tulis http://192.168.43.1:8000/.
  13. Jika semua benar, anda akan melihat tulisan pada browser anda.
  14. Lalu pilih salah satu metode yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan browser ataupun media player.
Demikian lah tips dan trik yang saya berikan kali ini untuk mengubah smartphone android menjadi CCTV. Semoga apa yang saya sajikan kali ini berguna bagi anda semua. Setiap hasil pada smartphone android pastinya akan berbeda, tergantung dari kemampuan smartphone dan anda sebagai user, Selamat mencoba.
advertisement
0 Komentar untuk "Tips dan trik Mengubah Smartphone Menjadi CCTV"

Back To Top