Perlukah Task Manager dan Task Killer pada Android ?

advertisement

Perlukah Task Manager dan Task Killer pada Android ?Pasti anda sendiri sering bertanya – Tanya tentang hal ini. Perlukah kita menggunakan task manager dan task killer pada android anda. Baiklah, sebelum saya menjawab perlu atau tidak aplikasi ini ada dalam smartphone anda ada baiknya saya akan memberikan sedikit informasi untuk anda mengenai multitasking dan pengaturan aplikasi pada RAM untuk anda.

Task Manager dan Task Killer pada Android
Android merupakan OS multitasking?
Yang dimaksud OS multitasking adalah, Android memang sengaja di desain untuk tidak meng-kill tiap akses aplikasi yang sudah digunakan sebelumnya. Mengapa? Karena pihak developer berfikir bahwa user android sendiri pasti akan melakukan interaksi aplikasi yang terdapat pada smartphone berulang – ulang setiap waktu.

Apasih multi tasking itu?
Multi tasking adalah kegiatan dimana anda dapat menggunakan lebih dari satu aplikasi tanpa menutup aplikasi yang sebelumnya anda kerjakan. Walaupun tidak terlihat dalam jendela kerja anda, nyatanya aplikasi tersebut akan otomatis tetap dalam keadaan status aktif sampai anda menutup kembali status tersebut secara manual.

Seperti apasih proses aplikasi itu?
Proses aplikasi adalah sebuah keadaan dimana anda memilih untuk menggunakan fitur tersebut dan membuat sesuatu kegiatan di dalamnya dengan RAM sebagai pusat kegiatan mereka. Contoh suatu ketika anda menggunakan facebook, kemudian anda menggunakan twitter pula, mungkin kinerja RAM anda masih sanggup untuk 2 aplikasi ini, dan jika saat yang bersamaan pula anda bermain game HD atau game berat yang menguras kinerja RAM. Bagaimana keadaan smartphone anda? Lag? Lemot?

Apasih yang di maksud RAM?
Merupakan bagian dari CPU yang memiliki fungsi yang sama seperti pada PC Komputer, yaitu sebagai inang atau pusat berjalannya suatu proses. Semakin besar RAM yang anda miliki makan akan mempercepat pekerjaan system anda, karena CPU anda akan mempunyai hak untuk mengakses lebih banyak informasi data pada saat yang bersamaan.

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan multitasking, aplikasi, dan RAM apa anda dapat mengambil kesimpulan?. Perlukah Task Manager dan Task killer pada android, jawabannya iya. Alasannya, karena Android memang benar – benar system yang multitasking, system yang kan tetap mengerjakan perintah yang anda lakukan untuk mereka, mereka akan terus membuka tiap aplikasi yang anda terus tanpa memikirkan kapasitas dari RAM sendiri. Mereka tidak cukup pintar untuk mengetahui aplikasi yang membuat mereka lambat dan belum mampu menutup otomatis aplikasi yang memang sudah menjadi prioritas secara otomatis. 

Disaat itulah anda membutuhkan Task Manager dan Task killer untuk android anda. Selain memudahkan anda untuk menutup aplikasi yang mengurang kinerja RAM, task killer juga akan menghemat baterai anda secara tidak langsung. Pada android sepertinya sudah banyak aplikasi semacam ini di antaranya ada Super Task killer, Easy task killer, ES Task Manager, dan yang lainnya yang mungkin bisa anda gunakan untuk Smartphone anda.
advertisement
0 Komentar untuk "Perlukah Task Manager dan Task Killer pada Android ?"

Back To Top