Trik Cara Partisi SD Card di Android

advertisement

Trik Cara Partisi SD Card di AndroidSetelah sebelumnya saya posting tentang tutorial bagaimana cara Rooting Android, kali ini saya akan berbagi informasi tentang bagaimana cara untuk mempartisi SD Card pada smartphone android anda. Namun mungkin masih banyak dari anda yang bertanya – Tanya apa yang di maksud partisi SD card pada android? Jika pada PC Komputer, kita mempartisi Memory hanya untuk bertujuan membagi memori menjadi beberapa bagian, untuk partisi SD card pada android dimaksudkan untuk memindahkan atau membagi aplikasi yang berjalan pada memori internal ke memory eksternal (sd card) dengan menggunakan aplikasi Link2SD yang tersedia di playstore.
Secara umum, partisi yang terdapat pada Sd Card di bentuk dari 3 buah partisi yaitu fat32, ext2, dan linux swap. Tiap partisi juga memiliki tugasnya masing – masing, seperti:
  • Fat32 : Berguna untuk penyimpanan data seperti MP3, foto, video, document, dan lainnya.
  • Ext2 : berguna untuk sarana instalasi aplikasi atau bisa dikatakan sebagai memory internal sekunder.
  • Linux Swap : Berguna untuk membantu kinerja RAM, partisi ini wajib dipakai apabila anda memiliki smartphone dengan RAM kecil
Sebelum anda memulai partisi memori card pada SD card anda, anda harus terlebih dahulu mempunyai semua syarat – syarat yang harus anda lakukan, yaitu:
  1. Smartphone yang telah di root
  2. SD Card kosong
  3. Card Reader
  4. Aplikasi Mini tool partition
Untuk mulai mempartisi SD Card anda, silahkan anda perhatikan tutorial yang akan saya sajikan di bawah ini:
  1. Masukan kartu SD Card ke dalam Card Reader
  2. Instalasi Mini tool partition di PC
  3. Setelah terdeteksi, klik kanan pada SD Crd yang siap di partisi, lalu klik delete hingga statusnya menjadi Unllocated
  4. Klik kanan pada SD Card lalu pilih Create setelah itu dapat anda isi jumlah memory yang akan digunakan pada partisi FAT32 dengan format. Create As = Primary, file system = FAT32, Partition Size = 1000 MB (contoh 1 GB), lalu klik OK.
  5. Setelah muncul peryataan lali klik yes
  6. Kemudian anda buat partisi kedua dengan format, Crate As = Primary, File System = ext2, Cluster Size 4kb, dan Partition Size = 900MB, kemudian klik OK.
  7. Kemudian setelah muncul peryantaan anda klik yes dan setelah itu pilih Apply
  8. Proses partisi SD Card anda telah berhasil
Demikianlah trik untuk mempartisi SD Card yang dapat saya berikan untuk anda, semoga tutorial ini sedikit banyak dapat membantu anda, selamat mencoba.
advertisement
1 Komentar untuk "Trik Cara Partisi SD Card di Android"

Back To Top