Tips Memilih MicroSD untuk Android

advertisement

Tips Memilih MicroSD untuk AndroidKapasitas memori sepertinya merupakan masalah sendiri bagi para pengguna ponsel. Dewasa ini, banyak sekali kegiatan yang di lakukan oleh para user pengguna ponsel selalu di simpan dengan media digital. Tentu saja hal ini berimbas pada seberapa besar kemampuan memori anda untuk menyimpan setiap kegiatan, entah itu berupa foto, video, ataupun suara yang di simpan melalui sebuah memori yang biasa di sebut microSD. Secara khusus, disini saya akan sedikit memberikan informasi mengenai penggunaan ataupun tips bagi anda pengguna smartphone android untuk memilih MicroSd atau SD card yang cocok untuk anda gunakan.

Tips Memilih MicroSD untuk Android
MicroSD sendiri merupakan salah satu media penyimpanan eksternal pada smartphone yang sebelumnya telah di sediakan slot tersendiri oleh para vendor pembuat smartphone tersebut. Dengan seiring  kemampuan gadget serta smartphone yang semakin meningkat pesat, maka kebutuhan akan kapasitas daya tampung memori penyimpanan pun ikut berbanding lurus. 

Untuk itu kali ini saya akan memberikan tips untuk anda memilih MicroSD yang tepat bagi smartphone anda, bukan hanya dari segi kuantitas, namun anda juga harus melihat dari segi kualitas dan itu juga sangat penting dalam kelangsungan daya tahan Smartphone anda. Untuk lebih lanjut tentang hal apa saja yang harus anda perhatikan dalam memilih MicroSD silahkan simak penjelasan yang akan saya berikan di bawah ini.

1. Kapasitas maksimum perangkat
Sebelum anda membeli sebuah microSD sebaiknya anda memeriksa kapasitas maksimum yang tertera pada ponsel/smartphone anda terlebih dahulu. Ada baiknya anda menambahkan memori pada perangkat ekternal anda hanya setengah ataupun dari kapasitas maksimum perangkat anda guna mempercepat performa pemindahan data ataupun pembacaan data pada perangkat anda.

2. Cek class dan garansi pada microSD
Pada microSD pun terbagi dalam berbagai kelas, contohnya seperti class 2, class 4, class 6 dan yang tertinggi hingga saat ini, class 10. Pada setiap kategori class pun terdapat perbedaan untuk read dan write setiap data yaitu, class 2 = 2 MB/s, Class 4 = $ MB/s, Class 6 = 6 MB/s, dan class 10 = 10 MB/s. semakin tinggi class SD card yang anda pilih maka akan memiliki kecepatan serta performa yang lebih baik walaupun diiringi dengan harga yang juga lebih mahal. Dan tidak lupa anda mengecek garansi yang terdapat pada MicroSD yng telah anda pilih, bisa saja performa yang di tunjukan SD card tidak sesuai dengan apa yang tertera pada spesifikasinya, untuk itu selalu mintalah garansi kepada tempat anda membeli SD Card apabila suatu saat terjadi sesuatu yang tidak sesuai pada SD card anda, jadi anda dapat mengajukan klaim.

Demikian sedikit tips yang dapat saya bagikan kepada anda dalam memilih SD Card untuk perangkat Smartphone Android anda sekalian. Sebagai catatan, semakin banyak data yang terdapat pada SD card anda, maka kemampuan read dan write SD Card android anda akan otomatis menurun. Semoga bermanfaat.
advertisement
0 Komentar untuk "Tips Memilih MicroSD untuk Android"

Back To Top