Tips Menghemat Baterai Android yang Jarang Diketahui

advertisement

Tips Menghemat Baterai Android yang Jarang Diketahui - Problem baterai boros adalah salah satu masalah yang klasik bagi para user Android dimana saja. Tidak heran jika dewasa ini banyak sekali tips menghemat baterai android ataupun aplikasi yang diklaim dapat menghemat kinerja baterai pada piranti android anda. Namun kali ini saya akan memberikan informasi yang jarang diketahui orang bagaimana cara untuk menghemat baterai android anda. Yaitu dengan menggunakan background ataupun layar wallpaper berwarna hitam. Namun, tips yang akan saya berikan kali ini tidak akan berlaku untuk semua perangkat Android karena tips yang akan saya berikan kali ini hanya berlaku untuk perangkat yang memiliki layar dengan teknologi AMOLED bukan LCD.

Mengapa LCD tidak dapat menggunakan tips yang akan saya berikan kali ini? Karena LCD sendiri merupakan kepanjangan dari Liquid Crystal Display, teknologi ini terbuat dari Kristal dan tak dapat memancarkan cahaya, layar ini hanya mentransmisikan cahaya dari sumber cahaya yang terdapat di belakangnya. Artinya, jika layar memberikan warna hitam, maka LCD akan menampilkan warna hitam sesuai yang di berikan si sumber cahaya. Selain tidak dapat memancarkan cahaya, LCD juga sudah dikenal boros energy.

Tips Menghemat Baterai Android yang Jarang Diketahui
Lalu teknologi Layar AMOLED. AMOLED sendiri merupakan kepanjangan dari Active Matrix Organic Light Emitting Diode. Teknologi layar yang saat ini gemar di gandrungi pada pembuatan smartphone ataupun tablet, terutama garapan Samsung. Perbedaan AMOLED dengan LCD adalah, AMOLED mampu memancarkan cahaya, jika layar AMOLED memancarkan warna hitam, maka warna yang ditampilkan tersebut memang warna yang langsung dari layar ini, bukan sumber warna di belakangnya. Layar ini juga dapat mengeluarkan cahaya purpose sehingga akan menghemat daya baterai.

Dari informasi singkat yang telah saya berikan diatas tentu anda dapat menyimpulkan sendiri bukan? Lalu bagaimana jika anda menggunakan background berwarna hitam para piranti yang menggunakan teknologi LCD? Nyata, hal tersebut tidak akan berpengaruh, karena Layar LCD hanyalah penerus dari sumber cahaya di belakangnya. Cara yang efektif untuk anda menghemat baterai pada teknologi layar LCD adalah dengan menggunakan Save mode ataupun mematikan layar saat tak terpakai. Namun, dengan menggunakan layar LCD ini berarti anda bebas untuk memakai wallpaper apapun karena semua warna tak berpengaruh pada baterai, berbeda dengan AMOLED yang setiap warna yang ditampilkan memiliki pengaruh yang berbeda pula pada baterai.

Silahkan anda bereksperimen kecil dengan menggunakan piranti Android anda yang berlayar AMOLED, nyalakan dengan wallpaper full color dengan pengaturan brighnest full. Diamkan hingga baterai hampir habis, kemudian catat waktu yang diperlukan layar dengan wallpaper full color untuk menghabiskan baterai. Lalu anda lakukan kembali seperti percobaan diatas, namun dengan wallpaper berwarna hitam. Silahkan anda bandingkan perbedaannya.

Sebenarnya masih banyak hal lain yang dapat kita lakukan untuk memperpanjang umur baterai piranti anda, pengaturan kontras, tim-out background, save mode juga upaya yang mungkin bisa anda lakukan. Demikianlah tips yang dapat saya berikan kali ini, selamat mencoba.
advertisement
Tag : Tips-Trik
0 Komentar untuk "Tips Menghemat Baterai Android yang Jarang Diketahui"

Back To Top